Target Rampung Pertengahan 2019, Pembangunan Jalur KA Bandara Solo Sudah 30%

Target Rampung Pertengahan 2019, Pembangunan Jalur KA Bandara Solo Sudah 30%
Target Rampung Pertengahan 2019, Pembangunan Jalur KA Bandara Solo Sudah 30% Saat ini, pembangunan Kereta Api (KA) Bandara Solo dilaporkan sudah mencapai 30%. Pemerintah memperkirakan pembangunan KA Bandara Solo dapat diselesaikan pada pertengahan tahun 2019.
“Kereta Bandara sekarang ini kira-kira sudah 30%, jadi pertengahan tahun depan insyaallah selesai,” ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi seperti dikutip dari laman resmi Kementerian perhubungan, Minggu (11/11/2018).
Hal itu diungkapkan Menhub seusai melakukan kunjungan kerja ke Solo, Sabtu (10/11). Menhub didampingi oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri juga mengunjungi lokasi proyek pembangunan jalur Kereta Api Bandara dan Stasiun Kereta Api Bandara Adi Soemarmo.
Menhub menjelaskan bahwa saat ini Stasiun Kereta Api Bandara Adi Soemarmo sudah selesai dibangun dan hanya tinggal menyelesaikan pembangunan rel. Diharapkan, seluruh pembangunan Kereta Api Bandara ini akan selesai pada bulan April atau Mei tahun 2019.
“Kita lihat, stasiun bandara ini sudah selesai dibangun. Kita tinggal menyelesaikan pekerjaan rel. Kita harapkan bulan 4 atau bulan 5 ini tahun mendatang selesai,” ungkapnya.
Jalur Kereta Api Bandara akan dibangun dengan jalur tunggal (single track). Tetapi Menhub mengatakan, tidak menutup kemungkinan ke depan akan dibuat jalur ganda atau double track apabila kepadatan bertambah dan dirasa diperlukan.
“Kereta Bandara ini single track. Karena kepadatannya tidak tinggi, jadi kalau pun nanti akan ada double track di tengah-tengah saja kita bikin, nanti persilangan,” tutur Budi.
Namun demikian, Kereta Api Bandara memiliki jalur sepanjang 13 km, dengan 3 km jalur yang sudah ada (existing) ditambah dengan 10 km pembuatan jalur baru. Rencananya, kereta api bandara akan beroperasi dari Stasiun Solo Balapan menuju Stasiun Bandara Adi Soemarmo dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Sih Penyebab Sesak Napas Saat Hamil?

Kunjungi Wisata Edutainment Bersama Keluarga Di Royal Safari Resort Puncak

Teluk Balohan, Surga Wisata Bahari Bagi Freedivers Dunia