Pesona Curug Batu Templek, Wisata Air Terjun Tak Jauh Dari Kota Bandung

Pesona Curug Batu Templek, Wisata Air Terjun Tak Jauh Dari Kota Bandung
Pesona Curug Batu Templek, Wisata Air Terjun Tak Jauh Dari Kota Bandung. Apakah kamu ingin menikmati wisata air terjun di Bandung? Ada satu air terjun yang bisa dinikmati saat liburan. Yakni, Curug Batu Templek.
Rute yang harus kamu lalui untuk mencapai Curug Batu Templek pun cukup mudah. Yakni, dari Kota Bandung, beralihlah ke kawasan Pasir Impun yang masuknya dari Jalan AH Nasution, tidak jauh dari Lapas Sukamiskin.
Setelah masuk Jalan Pasir Impun, terus ikuti jalan tersebut hingga sekitar 4 kilometer, dan seterusnya traveler akan melewati Jalan Cisanggarung.
Jika sudah ada di jalan tersebut, jangan sampai terlewat, Curug Batu Templek lokasinya berada di bawah Jalan Cisanggarung. Curug Batu Templek terkenal dengan keindahan tebing batu yang memanjang dan tampak seperti bersusun.
Sementara, dari celah-celah batunya di atas tebing mengalir air terjun. Tebing batu itu memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan panjang lebih dari 300 meter.
Untuk masuk ke objek wisata ini, traveler hanya perlu membayar tarif Rp 5.000 untuk hari biasa dan Rp 10.000 untuk hari libur. Keindahan batu yang memanjang itu menjadi daya tarik wisatawan yang datang dan mereka pun banyak memanfaatkannya untuk berswafoto.
Satu di antara pengunjung asal Cianjur, Tio (30) mengatakan pemandangan objek Wisata Batu Templek sangat indah.
Ia datang ke sini setelah diberi rekomendasi dari temannya, karena lokasinya tidak jauh dari Kota Bandung. “Wisatanya bagus dan keren, saya tahu dari temen yang merekomendasikan kesini soalnya nggak jauh dari pertigaan Pasir Impun, Kota Bandung,” ujarnya, Sabtu (10/11/2018).
Meskipun pemandangannya indah, menurut Tio, pengelolaa Curug Batu Templek harus ditingkatkan terutama untuk masalah keamanan. “Ini kan tadinya natural, bekas pertambangan batu, tingkat pengamanannya bahaya juga ya, kalau kami naik ke sana khawatir ada bongkahan batu yang jatuh,” ujarnya.
Tempat wisata Curug Batu Templek kini sudah dilengkapi dengan toilet dan mushola serta lapangan parkir untuk kendaraan roda dua dan roda empat.
Sejarah Curug Batu Templek
Sepintas kamu pasti menganggap air terjun ini buatan, bentuk batu yang menjulang tinggi itu seperti diukir atau dipahat oleh manusia.
Ya itu memang benar.
Pengelola objek wisata Air Terjun Curug Batu Templek, Herni (52) mengatakan batu tebing ini memang dulunya bekas pertambangan batu. “Memang benar dulu ini bekas pertambangan batu, ibu ga jelas tahu ya tapi sekitar 1960an, hampir 50 tahun yang lalu,”ujarnya
Herni dan Suaminya bernama Ujang Sahla (59) ini menemukan tempat ini. Curug Batu Templek sudah dijadikan objek wisata sejak enam tahun lalu. “Ya tempat objek wisata air terjun ini sudah hampir enam tahunan,” ujarnya.
Selanjutnya bagi kamu yang ingin ke lokasi wisata air terjun Batu Templek, kamu harus menempuh perjalanan selama satu jam dari pusat Kota Bandung.
Gunakan jalur Cicaheum-Cibiru, tepat di pertigaan Pasir Impun beloklah kiri menuju Jalan Desa Cikadut. Dari pertigaan Pasir Impun, sekitar 15 menit kamu akan menemukan objek wisata Air Terjun Curug Batu Templek.
Jangan khawatir tersesat, karena sudah ada papan penunjuk arah menuju Curug Batu Templek. Selamat berlibur!

Comments

Popular posts from this blog

Apa Sih Penyebab Sesak Napas Saat Hamil?

Kunjungi Wisata Edutainment Bersama Keluarga Di Royal Safari Resort Puncak

Teluk Balohan, Surga Wisata Bahari Bagi Freedivers Dunia